Blogger Widgets

chat

tombol back to top

popular post ke bawah

link pelangi

marque

Raka Andika Prasetyo

bubble

Welcome to Raka RAPerz ElephantDead Blog

Welcome to Raka RAPerz ElephantDead Blog

Monday, January 21, 2013

Contoh Pidato tema dampak tekhnologi terhadap lingkungan


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

      Bapak dan ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi .Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga kita bisa berkumpul disini dalam keadaan sehat tak kurang suatu apapun. Pada hari ini perkenankan saya untuk berbicara mengenai dampak tekhnologi terhadap lingkungan.
      Tekhnologi secara umum berarti keseluruhan peralatan dan prosedur yang terus mengalami penyempurnaan, baik di lihat dari segi pencapaian tujuan maupun proses pelaksanaannya. Semua hal pasti ada dampak positif dan negatif . begitupun juga tekhnologi. Di sisi positif tekhnologi dapat membantu membantu manusia dalam berbagai hal, seperti komunikasi, transportasi, industri dan lain-lain. Contohnya di bidang transportasi, zaman dahulu manusia menghabiskan waktu berhari-hari untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Namun, seiring berkembangnya tekhnologi, waktu tempuh perjalanan mereka bisa ditempuh hanya beberapa jam saja. Akan tetapi efek negatif yang ditimbulkan oleh kendaraan dari waktu ke waktu secara terus-menerus menyebabkan polusi udara yang berpengaruh buruk terhadap kesehatan manusia serta lingkungan. Pemanasan global / Global Warming adalah salah satu dari sekian banyak dampak negatif dari tekhnologi.
      Selain dari asap kendaraan bermotor, pemanasan global juga disebabkan perilaku manusia yang menggunakan kertas atau tisu secara berlebihan. Penggunaan kertas dan tisu secara tidak langsung meningkatkan produksi kertas dan tisu yang berbahan baku kayu, sehingga banyak pohon yang ditebang. Bukan hanya dari penebangan yang legal untuk kertas, penebangan yang tak berizin (illegal logging) juga berperan besar dalam rusaknya lingkungan. Kurang lebih lima belas ribu hektar kutan di Pulau Kalimantan rusak karena penebangan liar.
     Contoh lain misalnya nuklir kita tahu bahwa nuklir merupakan salah satu energi yang sangat berguna untuk kehidupan manusia, karena nuklir dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Kita lihat pada sisi yang lain, nuklir juga dapat menjadi suatu senjata yang sangat mematikan dan tidak berprikemanusiaan. Tidak heran pada saat perang dunia ke II nuklir dapat menghancurkan kota hirosima dan nagasaki, efek radiasi yang ditimbulkan oleh nuklir sangat besar. Sehingga tidak hanya menyebabkan kematian tetapi juga menyebabkan penderitaan berkepanjangan.
    Setelah kita semua tahu apa saja dampak dari tekhnologi tehadap lingkungan kita tercinta, saya ingin mengajak anda semua supaya dapat memanfaatkan tekhnologi dengan sebaik-baiknya. Mulai dari hal-hal yang sederhana terlebih dahulu, seperti menghemat pemakaian kertas agar tidak banyak pohon yang tertebang sia-sia. Karena kalau bukan kita siapa lagi! Sekian pidato dari saya semoga dapat menambah wawasan dan menyadarkan kita akan pentingnya menjaga lingkungan. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment