Blogger Widgets

chat

tombol back to top

popular post ke bawah

link pelangi

marque

Raka Andika Prasetyo

bubble

Welcome to Raka RAPerz ElephantDead Blog

Welcome to Raka RAPerz ElephantDead Blog

Friday, March 8, 2013

Nasi Gandul Gajah Mati



Sego Gandul Gajah Mati

Sego gandul

Intisari-Online.com - Namanya Sego Gandul, tapi jangan terkecoh dengan namanya. 'Gandul' dalam bahasa jawa artinya adalah buah pepaya, sedangkan 'sego' artinya adalah nasi. Namun sego gandul bukanlah nasi pepaya. Sego Gandul adalah nasi yang diberi masakan daging kuah.
Daging sapi yang telah dibumbui dan dimasak tersedia di meja dengan berbagai pilihan, seperti empal, kulit, hati, lidah, paru, dan telur rebus. Daging dan telur itu telah direbus dengan bumbu yang menurut saya seperti bumbu bacem. Pembeli memilih daging mana yang disukai. Daging pilihan itu akan dipotong-potong dengan gunting, diletakkan di atas nasi putih, diberi kecap manis, bawang merah goreng, dan sambel kalau suka pedas. Kuahnya adalah kuah santan yang sangat kental berwarna cokelat kemerahan, seperti kuah gulai atau coto makasar. Kuah ini nikmat dengan rasa kaldu sapi yang dibuat dengan merebus lemak, tulang, tulang kaki, atau kikil. Kuah kental itu diguyurkan ke atas nasi dan potongan daging tadi.
Piring tempat makannya diberi lapisan selembar daun pisang. Daun pisang ini memberi citarasa yang khas pada sego gandul. Makannya bisa menggunakan sendok logam atau sendok daun pisang alias suru. Daun pisang disobek beberapa senti lebarnya, kemudian dilipat dan ditekuk sedemikian rupa sehingga bisa untuk menyendok nasi.
Sego gandul memiliki citarasa asli Jawa Tengah yang terkenal gurih dan manis. Kuahnya yang kental menambah kuat rasa dagingnya. Sego gandul sangat nikmat dimakan dalam kondisi panas dan dipadu dengan tempe goreng atau kerupuk.
Warung sego gandul biasanya diberi embel-embel tulisan ‘Asli Gajah Mati’. Memang sego gandul ini berasal dari Desa Gajah Mati, salah satu desa di sisi timur kota Pati yang dekat dengan terminal bus. Di pingir-pingir jalan desa ini memang banyak dijumpai warung sego gandul. Kini warung sego gandul tidak hanya ada di desa Gajah Mati. Warung sego gandul hampir bisa ditemui di semua ruas jalan Kota Pati, terutama ruas jalan utama.
Jika Anda kebetulan sedang melewati kota Pati, rasanya kurang afdal jika tidak mampir makan sego gandul.

Reaksi:

7 komentar:

Post a Comment