Blogger Widgets

chat

tombol back to top

popular post ke bawah

link pelangi

marque

Raka Andika Prasetyo

bubble

Welcome to Raka RAPerz ElephantDead Blog

Welcome to Raka RAPerz ElephantDead Blog

Sunday, March 2, 2014

Jawaban Uji Kompetensi Halaman 6 Sejarah Indonesia Kurikulum 2013




Assalamu’alaikum..
Pada kesempatan kali ini RAKA RAPERZ ELEPHANTDEAD akan mengulas  tentang Jawaban Uji KompetensiHalaman 6 Sejarah Indonesia Kurikulum 2013. Tahu kan pelajaran ini? Ya, ini adalah pelajaran baru yang sebelumnya hanya bernama sejarah pada Kelas X untuk SMA/SMK/MAK. Karena kurikulum 2013 yang menonjolkan materi-materi tentang Indonesia, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengubahnya menjadi “Sejarah Indonesia” untuk membuat siswa lebih tahu tentang asal muasal nenek moyang bangsanya sendiri.
        Nah, cukup ya pengertian tentang Sejarah Indonesia nya. Sekarang aku mau jelasin apa yang mau aku bahas. Pada Bab 1 buku Sejarah Indonesia kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini terdapat Bab 1 yaitu “Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia”. Disitu Terdapat sembilan sub bab, mulai dari “A. Sebelum Mengenal Tulisan” sampai “I. Kedatangan Deutro dan Proto Melayu”. Di masing-masing sub bab tersebut terdapat Uji Kompetensi.. Untuk itu pada tulisan ini aku hanya bisa membahas mengenai Uji Kompetensi halaman 6 “A. Sebelum Mengenal Tulisan”. Ini dia soal dan Uji Kompetensi Halaman 6 Sejarah Indonesia nya!
  1.   Mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.
  2. 2.   Bagaimana secara metodologis kita dapat mengetahui kehidupan manusi sebelum mengenal tulisan.
  3. Mesir mengakhiri zaman praaksara sekitar tahun 3000 S.M, tetapi di Indonesia baru abad ke-4 sampai ke-5 M. Mengapa demikian? 
  4.  Apa saja pelajaran yang dapat kita peroleh dari belajar kehidupan pada zaman praaksara?
Jawaban 
  1.  Istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah karena istilah pra sejarah menggambarkan perkembangan kehidupan dan budaya manusia saat belum ada sejarah, yang berarti belum ada kehidupan manusia. Padahal, manusia sudah memiliki sejarah dan menghasilkan kebudayaan walaupun belum mengenal tulisan. Oleh sebab itu istilah praaksara lebih tepat dibandingkan istilah prasejarah.
  2. Kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan secara metodologis dengan cara menggunakan metode arkeologi dan ilmu alam seperti geologi dan biologi. 
  3.  Indonesia mengakhiri zaman praaksara Indonesia mengakhiri zaman praaaksara lebih lambat dibandingkan bangsa Mesir sesuai Prasasti peninggalan Kerajaan Kutai karena peradaban bangsa Mesir yang jauh lebih maju daripada Indonesia dan struktur geografis Mesir memusat di satu daratan saja, dibandingkan Indonesia yang terdiri dari banyak kepulauan yang menyebabkan sulitnya perkembangan peradaban di Indonesia.
  4. Pelajaran-pelajaran yang dapat kita peroleh dari kehidupan zaman praaksara adalah kita dapat belajar dari kegagalan nenek moyang kita, sehingga kkita bisa melakukan hal yang lebih baik dari mereka. Dan kita dapat mengembangkan tekhnologi  sederhana buatan mereka menjadi tekhnologi yang lebih maju.

Sekian dulu ya untuk Jawaban Uji Kompetensi Halaman 6 Sejarah Indonesia Kurikulum2013, untuk Uji Kompetensi yang lain akan dibahas di lain kesempatan, karena aku juga seorang siswa seperti kamu yang punya segudang kesibukan dan PR yang masih bertumpuk-tumpuk, hehe. Oh ya! Kalau kamu punya pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar. Sampai jumpa lagi..!!
Wassalamu’alaikum!

Reaksi:

10 komentar:

Post a Comment