Blogger Widgets

chat

tombol back to top

popular post ke bawah

link pelangi

marque

Raka Andika Prasetyo

bubble

Welcome to Raka RAPerz ElephantDead Blog

Welcome to Raka RAPerz ElephantDead Blog

Saturday, September 13, 2014

Fungsi Tiap Struktur Teks Cerpen “Juru Masak”



 
Cerpen "Juru Masak" karya Damhuri Muhammad

Tugas kalian selanjutnya adalah mendekonstruksi tiap tahapan struktur yang membangun teks cerpen tersebut secara detail. Dengan begitu, kalian bisa mengungkapkan fungsi masing-masing struktur pada teks cerpen itu. Bacalah sekali lagi cerpen “Juru Masak” tersebut dengan seksama, kemudian tuliskan masing-masing fungsi struktur dalam tahapan pembangunan teks cerpen pada kolom di bawah ini. 


Sudah tahu semua donk ya cerpen “Juru Masak”. Ya! Cerpen (cerita pendek) karangan Damhuri Muhammad ini adalah salah satu dari sekian banyak cerpen yang ada di buku paket Bahasa Indonesia kelas XI. Namun, apa kamu tahu fungsi struktur teksnya? Nah, kamu tak perlu ambil pusing! Saya tellah menyuguhkannya dengen lengkap spesial untukmu! Mulai dari abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. Dan inilah “Fungsi Tiap Struktur Teks Cerpen “Juru Masak””

No
Struktur Teks
Fungsi Tiap Struktur Teks
1
Abstrak
Pada tahapan ini, pengararng memberikan ringkasan atau inti cerita yang akan dikembangkannya menjadi rangkaian peristiwa yang dialami tokoh imajinasinya. Damhuri Muhammad menggambarkan seorang juru masak bernama Makaji yang sangat terkenal di kampungnya. Tanpa campur tangan dalam meracik bumbu masakan, sebuah perhelatan akan dinilai tidak sukses karena tidak berhasil menyuguhkan para tamunya makanan lezat. Begitulah pentingnya kehadiran Makaji dalam dunia masak-memasak di kampong itu, sehingga tidak ada yang bisa menggantikannya.
2
Orientasi
Pada tahapan orientasi, pengarang menceritakan latar berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana yang terjadi dalam sebuah peristiwa dalam cerpen. Latar digunakan penulis untuk menghidupkan sebuah cerita dan meyakinkan pembaca. Dengan kata lain, latar ini mengekspresikan watak, baik secara psikis maupun fisik.
3
Komplikasi
Tahapan ini berisi urutan kejadian, dan setiap kejadian-kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab akibat. Peristiwa satu disebabkan atau menyebabkan terjadinya peristiwa yang lain. Pada cerpen juru masak, Damhuri Muhammad menceritakan Azrial pergi merantau karena ia dihina oleh kelluarga Ronggogeni. Maka dari itu dia merantau untuk merintis karirnya dan menjadi orang sukses.
4
Evaluasi
Pada tahapan ini, konflik yang biasanya muncul pada setiap kejadian yang terdapat dalam komplikasi bisa diarahlkan/diatur menuju ke tahapan selanjutnya. Sehingga komplikasi tersebut bisa terlihat tahap-tahap penyelesaiannya dari konflik yang muncul tersebut. Dalam cerpen “Juru Masak”.,ketika Azrial ingin melupakan Renggogeni, ia kemudian hengkang dari kampung dengan membawa luka hati.
5
Resolusi
Pada tahapan ini, resolusi menerangkan tentang sebuah solusi dari konflik yang terjadi.Damhuri Muhammad menggambarkan seorang yang bernama Azrial. Azrial adalah seorang anak juru masak yang bekerja sebagaitukang cuci piring di rumah makan Jakarta. Namun, karena kerja keras dan kegigihannya, sekarang Azrial menjadi orang Lareh Panjang yang sukses dengan mempunyai enam rumah makan dan dua puluh empat anak buah.
6
Koda
Pada tahapan terakhir ini, koda berfungsi untuk menerangkan akhir dari cerita sebuah cerpen. Pada cerpen karangan Damhuru Muhammad ini, Azrial sekarang telah sukses, dan dia berkeinginan mengajak ayahnya (Makaji) untuk tinggal bersamanya di Jakarta dan menghabiskan masa tuanya disana dengan Azrial.

Sekian info yang bisa saya berikan. Baca artikel-artikel menarik & bermanfaat lainnya hanya di Raka RAPerz ElephantDead. Jika kamu ingin request informasi atau sekedar memberi kritik saran, bisa dikirmkan di Fanpage Facebook “Raka Raperz Elephantdead’s Blog”. Sampai jumpa di posting selanjutnya! =D

Reaksi:

10 komentar:

Post a Comment