Blogger Widgets

chat

tombol back to top

popular post ke bawah

link pelangi

marque

Raka Andika Prasetyo

bubble

Welcome to Raka RAPerz ElephantDead Blog

Welcome to Raka RAPerz ElephantDead Blog

Sunday, March 2, 2014

Jawaban Uji Kompetensi Halaman 24 Sejarah Indonesia Kurikulum 2013



Assalamu’alaikum Sahabat Raperz…!!!
          Setelah sebelumnya RAKA RAPERZELEPHANTDEAD memberikan artikel serupa tapi tak sama yaitu JAWABAN UJIKOMPETENSI HALAMAN 6 SEJARAH INDONESIA KURIKULUM 2013, sekarang aku mau memposting kelanjutan ceritanya nih (kayak sinetron aja). Seperti yang sudah aku jelaskan di posting sebelumnya, materi bab 1 terbagi menjadi Sembilan sub bab. Karena sub bab yang pertama sudah aku berikan, maka kali ini aku akan yang beri sub bab ke-3 “Mengenal Manusia Purba” dengan judul JAWABAN UJI KOMPETENSIHALAMAN 24 SEJARAH INDONESIA KURIKULUM 2013. Mohon maaf sebelumnya, karena saya baru bisa menyelesaikan 3 dari 5 soal yang ada. Insyaallah akan saya sambung di kesempatan berikutnya. Yang sudah tidak sabar mau ngerjain PR nya nih silakan di simak. 
  1.  Mengapa para ahli melakukan penelitian manusia purba banyak di bantaran sungai? Jawab: Para ahli melakukan penelitian manusia purba kebanyakan di wilayah bantaran sungai karena disaat zaman praaksara dulu, manusia purba hidup banyak bergantung  dengan alam, hidup tidak menetap, dimana ada makanan disanalah mereka berada (food gathering). Selain itu, sungai menyimpan banyak cadangan makanan dan di bantaran sungai juga bertanah subur sehingga banyak tumbuhan yang bisa hidup disana. Maka dari itu penelitian manusia purba kebanyakan di bantaran sungai karena manusia purba bertempat tinggal di bantaran sungai.
  2. Jelaskan ciri dan mengapa hasil penelitian Dubois di Trinil disebut sebagai jenis Pithecanthropus erectus (kera yang berjalan tegak)?Jawab: Hasil penelitian Dubois dinamakan Pithecanthropus erectus karena setelah direkonstruksi, fosil ini masih memiliki tanda-tanda kera seperti tengkorak yang sangat pendek tapi memanjang kebelakang, tulang kening sangat menonjol dan terdapat penyempitan yang sangat jelas di belakang mata yang menandakan otak belum berkembang. 
     
  3. Menurut pendapat kamu, bagaimana manusia purba bisa menyebar ke dalam wilayah Kepulauan Indonesia bahkan sampai keluar wilayah Kepulauan Indonesia?Jawab: Manusia purba bisa menyebar ke dalam wilayah Kepulauan Indonesia untuk mencari buruan dan makanan. Selain didorong oleh keinginan mencari makan, perpindahan itu juga dimaksudkan untuk menghindari fenomena alam yang belum stabil pada saat itu.

Nah, bagaimana? Sudah puas sama jawabannya? Semoga saja sudah puas ya. Kalau belum ya maklum karena sama-sama masih siswa sekolah, masih dalam tahap belajar gitu lohh..
Makasih ya sudah mau berkunjung di blog ini. :) Posting tentang tugas-tugas Sejarah Indonesia belum berakhir sampai disini loh.. Masih banyak posting yang belum aku publish tentang Sejarah Indonesia. Untuk itu terus tunggu posting menarik lainnya di RAKA RAPERZ ELEPHANTDEAD!!!
Wassalamu’alaikum..!!!

Reaksi:

7 komentar:

Post a Comment