Blogger Widgets

chat

tombol back to top

popular post ke bawah

link pelangi

marque

Raka Andika Prasetyo

bubble

Welcome to Raka RAPerz ElephantDead Blog

Welcome to Raka RAPerz ElephantDead Blog

Wednesday, March 5, 2014

Jawaban Uji Kompetensi Halaman 86 Sejarah Indonesia Kurikulum 2013








Assalamu’alaikum…
        Kali ini RAKA RAPERZ ELEPHANTDEAD akan memberi kamu JAWABAN UJI KOMPETENSI HALAMAN 86 SEJARAH INDONESIA KURIKULUM 2013. Pada pembahasan uji kompetensi sub bab Kerajaan Sriwijaya ini, akan memberi jawaban lengkap alasan Sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim, alasan Selat Malaka mempunyai peranan penting pada masa Kerajaan Sriwijaya, unsur yang harus sebuah kerajaan miliki untuk menjadi Negara maritim, pendapat saya mengenai setuju atau tidaknya sebutan Sriwijaya sebagai kerajaan nasional pertama, perbandingan antara Sriwijaya dengan Indonesia dalam hal kejayaan yang perlu diperbaiki, penyebab Kerajaan Sriwijaya mengalami kemunduran, dan peta daerah pengaruh kekuasaan Sriwijaya. Nah daripada berlama-lama, mending langsung saja disimak jawaban lengkap uji kompetensi bab Kerajaan Sriwijaya. Monggo !!
  1.  Mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim? 
  2. Mengapa Selat Malaka mempunyai peranan penting pada masa Kerajaan Sriwijaya? 
  3. Unsur-unsur apa saja yang harus dikuasai, agar sebuah kerajaan mampu menjadi kerajaan maritim? 
  4. Setujukah kamu dengan sebutan Sriwijaya sebagai kerajaan nasional pertama ? Diskusikan dengan teman-teman. 
  5. Jika pada abad ke-7 saja Sriwijaya bisa menjadi kerajaan maritim hebat, mengapa sekarang kita belum mampu mengulangi kejayaan di lautan saat ini, apa yang perlu diperbaiki? Diskusikan dan uraikan jawaban kamu 
  6. Apa yang menyebabkan Kerajaan Sriwijaya mengalami kemunduran? 
  7. Buatlah peta daerah pengaruh kekuasaan Kerajaan Sriwijaya.
JAWAB
  1. Kerajaan Sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim  karena Kerajaan Sriwijaya berpusat di tepi Sungai Musi yang sebagian besar warganya bermata pencaharian sebagai nelayan. Dan mereka mengandalkan hasil sungai untuk kebutuhan sehari-hari. 
  2. Karena Selat Malaka adalah daerah perairan yang strategis dan sebagai jalur perdagangan pada masa itu. Yang  disebabkan oleh letaknya diantara Benua Asia dan Benua Australia. Para pedagang China yang akan ke India Singgah terlebih dulu di Sriwijaya.
  3. Unsur yang harus dikuasai agar sebuah kerajaan mampu menjadi kerajaan maritim adalah membentuk armada angkatan laut yang kuat sehingga kerajaan mampu mengawasi daerah perairannya dengan baik.
  4. Setuju, karena Mohammad Yamin menyebutkan bahwa Sriwijaya sebagai kerajaan nasional yang pertama dan pada masa kejayaannya, wilayah kekuasaan Sriwijaya Mencakup Sumatra dan pulau-pulau sekitar jawa bagian barat, sebagian jawa bagian tengah, sebagian Kalimantan, semenanjung melayu dan hampir seluruh perairan nusantara.
  5. Karena persenjataan angkatan laut kita masih kurang maju dibanding Negara lain sehingga angkatan laut kita masih sering kecolongan dengan nelayan Negara lain yang masuk wilayah Republik Indonesia dan mengambil sumber daya laut Indonesia. 
  6.   Kerajaan Sriwijaya mengalami kemunduran karena:
a)   Kerajaan sekitar Sriwijaya berubah, tidak lagi dekat dengan pantai. Hal ini disebabkan aliran Sungai Musi, Ogan, dan Komering banyak membawa lumpur. Akibatnya Sriwijaya tidak baik untuk perdagangan.
b)  Banyak daerah kekuasaan Sriwijaya melepaskan diri. Hal ini disebabkan terutama karena lemahnya angkatan laut Sriwijaya, sehingga pengawasan semakin sulit.  
7. Peta daerah pengaruh kekuasaan Kerajaan Sriwijaya



Semoga soal dan bahasan lengkap Uji kompetensi bab Kerajaan Sriwijaya ini bisa memuaskan kamu yang lagi diberi tugas soal-soal bab Kerajaan Sriwijaya oleh gurumu.
Silakan dibaca juga artikel-artikel lain yang juga membahas Uji kompetensi lain Sejarah Indonesia  berikut ini.
Sampai jumpa lagi…
Wassalamu’alaikum…

Reaksi:

8 komentar:

Post a Comment